Pemenang Nobel 2009

Pemenang Nobel Ekonomi:
Oliver Williamson dan Elinor Ostrom (AS)

williamson

Keduanya meraih Nobel Ekonomi 2009 atas penelitian masing-masing di bidang ekonomi pemerintahan.

Yang luar biasa, Elinor Ostrom menjadi wanita pertama yang memenangkan Nobel Ekonomi, sejak penghargaan ini digulirkan tahun 1968! Secara khusus, Ostrom mampu menunjukkan bahwa komunitas lokal kerap mengolah sumber daya alam seperti kayu, danau, dan ikan, lebih baik dibanding ketika pemerintah berusaha mengaturnya.

Sementara itu, Profesor Williamson, bisa mengembangkan teori bahwa bisnis bisa berfungsi sebagai struktur untuk resolusi konflik. Ia juga mampu menelaah penyebab naik turunnya perusahaan berdasarkan biaya dan kompleksitas transaksi.

Pemenang Nobel Perdamaian:
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama

obama

Komite Nobel mengatakan, Obama dianugerahi Nobel Perdamaian atas “upaya luar biasanya untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerja sama antar bangsa”.

Memang, Obama belum satu tahun menjabat presiden. Namun ketua komite Nobel Thorbjoern Jagland mengatakan, “(Hadiah ini tetap diberikan) karena kami ingin mendukung apa yang ia coba capai.” Dia secara spefisik menyebut upaya Obama memperkuat lembaga-lembaga internasional dan upaya ke arah dunia yang bebas dari senjata nuklir.

Pemenang Nobel Kimia:
Venkatraman Ramakrishnan (warga AS kelahiran India),
Thomas Steitz (AS), Ada Yonath (Israel)

Tiga ilmuwan ini sama-sama meneliti ribosom, salah satu bagian penting dalam tubuh makhluk hidup karena memproduksi protein yang mengendalikan cara kerja tubuh tumbuh-tumbuhan, hewan, maupun manusia. Secara khusus, mereka berhasil mengungkap bagian-bagian atom pembentuk ribosom.

The Royal Swedish Academy of Science menyebut penemuan ketiga ilmuwan tersebut menjadi dasar pemahaman manusia terhadap kehidupan.

Pemenang Nobel Sastra: Herta Muller (Jerman)

Sekretaris Akademi Swedia, Peter Englund, menilai ada kekuatan yang luar biasa dalam apa yang ditulis Mueller. “Bahkan bila Anda baru membaca setengah halaman, Anda akan segera tahu bahwa itu (karya) Herta Muller!”

Seorang aktor ternama Rumania, Ion Caramitru, turut berpendapat bahwa Muller bisa menang karena ia menulis dengan sangat jujur tentang apa yang terjadi dengannya.

Pemenang Nobel Fisika:
Charles K Kao (warga AS kelahiran Shanghai, China),
Williard S Boyle, dan George E Smith (AS).

Charles K Kao dihargai atas terobosannya menemukan teknologi transmisi cahaya melalui serat optik. Penemuan Kao inilah yang menjadi pondasi jaringan telekomunikasi modern saat ini dari telepon hingga internet kecepatan tinggi!

Sementara dua ilmuwan lainnya diganjar hadiah bergengsi tersebut karena sebagai penemu CCD (charged-couple device). Teknologi yang ditemukan Boyle dan Smith itu merupakan bagian penting kamera digital.

“Hal itu telah merevolusi dunia fotografi, karena sekarang cahaya bisa ditangkap secara elektronik,” demikian pendapat penilaian panel juri Nobel. Dengan CCD, kamera digital dengan lensa raksasa seperti yang dibawa teleskop ruang angkasa Hubble bisa memotret objek antariksa yang sangat jauh dan indah!

Pemenang Nobel Kedokteran:
Elizabeth Blackburn, Jack Szostak, dan Carol Greider (AS)

Trio ilmuwan AS ini berhasil menemukan dan mengidentifikasi sebuah mekanisme kunci dalam operasi genetis sel. Penemuan ini mampu mengilhami penelitian-penelitian baru dalam penuaan dan kanker. Demikian pernyataan Dewan Nobel pada Sidang Umum Nobel di Lembaga Karolinska, Swedia.

Hal yang luar biasa: untuk pertama kalinya, ada lebih dari satu orang perempuan di antara penerima Nobel bidang Kedokteran!

_____________________________

Seleksi, Penentuan dan Pemberian Hadiah Nobel

Para pemenang Hadiah Nobel, setiap tahunnya ditentukan oleh…
1. Royal Swedish Academy of Sciences: untuk para pemenang di bidang kimia, fisika, dan ekonomi,
2. Dewan Nobel (anggotanya dipilih oleh Lembaga Karolinska): untuk para pemenang di bidang kedokteran,
3. Akademi Swedia: untuk para pemenang di bidang sastra,
4. Komite Nobel Swedia: untuk para pemenang di bidang perdamaian.

Sementara pemberian hadiah dikelola oleh Yayasan Nobel, yang didirikan oleh Alfred Nobel pada tahun 1895. Setiap tahun, para pemenang Hadiah Nobel akan berkumpul dalam acara tahunan khusus di Stockholm dan Oslo, Swedia pada 10 Desember (tanggal peringatan meninggalnya Alfred Nobel). Semua pemenang mendapatkan medali emas, sertifikat, dan hadiah uang (jumlahnya sekitar Rp14 miliar per bidang).



Sumber: Team Andriewongso.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s