BUNKER CARD

Sebagaimana yang telah kami sampaikan sebelumnya pada artikel “Manajemen Bunker: Upaya Efisiensi Bahan Bakar Kapal Milik dan Charter”, Pertamina Perkapalan mengembangkan beberapa inisiatif upaya efisiensi bahan bakar.

Di dalam artikel ini dan juga artikel-artikel berikutnya, kami akan menceritakan sedikit lebih dalam mengenai pelaksanaan inisiatif-inisiatif tersebut. Artikel kali ini akan dimulai dengan “Bunker Card”.

Fungsi Bunker & Operational Control, sebagai fungsi control biaya bunker kapal milik dan kapal charter menggunakan bunker card di dalam setiap pengambilan keputusan pengisian bahan bakar kapal. Mekanismenya adalah ketika Master (Nakhoda kapal) mengirimkan request notice untuk pengisian bahan bakar kapal kepada Fungsi BOC, Fungsi BOC akan melakukan analisa status bunker yang masih tersedia di kapal (remain on board-rob) dengan rencana trayek dan volume bunker yang diminta oleh Master. Ketika ditemukan bahwa status rob bunker di atas kapal masih mencukupi untuk menjalani voyage berikutnya, maka Fungsi BOC berhak menolak request tersebut atau dilakukan penyesuaian atas jumlah volume yang disetujui. Mungkin saja terjadi misalnya, Nakhoda meminta volume bunker 50 MT tetapi setelah dievaluasi menggunakan bunker card Fungsi BOC hanya menyetujui 40 MT saja. Begitupun dengan lokasi supply point bunker akan disesuaikan dengan jumlah dan jenis bunker yang dibutuhkan kapal baik secara historis di bunker card maupun dilihat dari Charter Party.

Manfaat dari penggunaan bunker card adalah :

  1. Supply bunker masing-masing kapal dipastikan telah melalui mekanisme seleksi yang ketat dan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan kapal dan operasional kapal tersebut.
  2. Sebagai bahan evaluasi daily allowance kapal milik (fixture note) dan kapal charter (charter party). Hasil evaluasi daily allowance akan digunakan sebagai bahan negosiasi daily allowance bunker kepada Armada Milik dan Shipowner.
  3. Sebagai bahan evaluasi rencana kebutuhan bunker tahunan (RKAP).

Diharapkan dengan adanya komitmen Fungsi BOC untuk tertib dan disiplin dalam menggunakan bunker card sebagai acuan utama yang digunakan untuk setiap persetujuan bunker, Pertamina Perkapalan akan lebih efisien di dalam pemakaian bunker. (bp)

Tinggalkan komentar

Filed under 1. Shipping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s