ALIRAN DATA VMIS

Pada dasarnya, data yang disimpan dalam database yang sekarang kita sebut sebagai VMIS (Vessel Management Information System) berasal dari kegiatan operasional kapal, mengalir dan diproses melalui berbagai sub proses sampai berakhir di meja manajemen, seperti yang dijelaskan pada diagram di atas. Hal tersebut membentuk rantai proses yang tampaknya sederhana, namun memiliki titik kritis pada masing-masing sub-proses. Setiap jenis data diproses dan memiliki penambahan nilai dari setiap proses, dari angka-angka dan nilai lain yang penuh dengan orientasi operasional, kompleksitas tinggi, dan hampir tak bermakna bagi top management, ke dalam bentuk lain dari informasi yang terintegrasi dengan data lain yang dapat memberikan top management banyak pengetahuan tentang kondisi organisasi mereka. Jenis data yang mengalir melalui proses ini adalah:

  • “A” diklasifikasikan sebagai data mentah operasional tingkat pertama seperti data hardcopy (fax, teleks, memo, master cable, log abstract, dll), data softcopy (email), dan data suara (telepon). Data mentah ini berisi informasi operasional dari setiap daerah yang menggambarkan semua kegiatan pengapalan di pelabuhan atau saat kapal berlayar.
  • “B” disebut Lembar Operasi, sebuah hardcopy yang menjadi ringkasan dari semua kegiatan pengapalan yang dikumpulkan untuk jangka waktu tertentu dan memiliki format yang berbeda antara orang yang menggunakannya sesuai dengan jenis kargo dan fungsionalitas kapal. Lembar Operasi diklasifikasikan sebagai data mentah operasional tingkat ke-2. Walaupun memiliki format yang berbeda antar pengguna, namun secara umum terstruktur ke dalam 4 (empat) bagian utama, yaitu port time, pengukuran bunker, pengukuran kargo, dan informasi tambahan lainnya. Deskripsi dari setiap bagian adalah sebagai berikut:

–  Bagian Port Time berisi perincian kegiatan kapal yang dimulai dari kedatangan kapal di outer buoy – ATA (Actual Time Arrival) sampai keberangkatan kapal – ATD (Actual Time Departure).

–  Bagian Pengukuran Bunker berisi informasi kuantitas bunker pada saat kedatangan, keberangkatan, dan  saat pengisian di pelabuhan.

–  Bagian Kuantitas Kargo diisi dengan jenis kargo dan kuantitas kargo yang dinilai dalam 3 jenis metrik (Long Ton, Kilo Liter, dan Barrel).

–  Bagian Informasi Lain diisi dengan penjelasan tentang peristiwaatau kejadian luar biasa yang terjadi saat melakukan kegiatan reguler.

  • “C” adalah softcopy – data yang diketik, yang disimpan dalam database dan diklasifikasikan sebagai data mentah operasional tingkat ke-3. Database dirancang dengan menggunakan Microsoft DB2 yang mengandung ratusan judul dan setiap judul diisi dengan ribuan angka harian yang dikumpulkan dari semua kegiatan kapal yang dioperasikan oleh Pertamina.
  • “D” adalah hasil dari pengolahan data, menggunakan perangkat lunak seperti PowerBuilder dan Microsoft Excel untuk mengolah data, untuk memperoleh “gambaran” dari kinerja kapal secara umum atau khusus. (rr)

1 Komentar

Filed under 1. Shipping

One response to “ALIRAN DATA VMIS

  1. Aisyah Azhar

    Perkapalan Pertamina semoga berjaya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s