VESSEL RELIABILITY

Salah satu inisiatif yang diusung oleh Tim Implementasi Strategi Perkapalan dalam melaksanakan program Transformasi adalah Vessel Reliability. Kehandalan Armada Tanker dapat berdampak signifikan dalam mengamankan stabilitas supply chain BBM guna meniadakan depot kritis dan mengurangi biaya Perkapalan, sedangkan untuk kedepan dalam rangka mempersiapkan Perkapalan menuju kelas dunia.

Mengacu pada misi Perkapalan, focus yang utama adalah memberikan layanan jasa angkutan laut yang sesuai dengan service level agreement dengan para internal customer. Karena itu dibutuhkan armada tanker yang handal untuk melaksanakan transportasi laut BBM dari Refining unit ke seluruh daerah yang tersebar dari Depot Sabang sampai Depot Merauke, dari  Depot Lirung  sampai Depot Kupang. Disini peran Perkapalan sangat signifikan sehingga tidaklah terlalu berlebihan apabila dikatakan bahwa kegiatan Perkapalan dalam supply chain BBM/BBK/Non BBM/Crude memegang peranan kunci.

Bagaimana strategi Perkapalan menjaga kesinambungan kehandalan armada tankernya yang pada RKAP 2009 ini berjumlah 154 kapal (prognosa 2009 mencapai 168 kapal)?

Setiap bulan Tim Shipping mempersiapkan evaluasi Individual Vessel Performance berbasiskan keefektifan operasional dan kinerja biaya kapal (vessel cost performance matrix) yang dibahas dalam forum Vessel Performance Dialogue (VPD) termasuk membahas feedback dari customer Perkapalan. Khusus Shipping’s Budget Performance dievaluasi setiap bulannya dalam forum Shipping Performance Dialogue (SPD). Kedua forum tersebut merupakan forum tertinggi untuk evaluasi internal dan dipimpin langsung oleh Deputi Direktur Perkapalan serta dihadiri oleh Tim Manajemen PKP dan Asman/staf.

Pada evaluasi individual vessel performance tersebut, parameter keefektifan operasional dan efisiensi biaya kapal digunakan untuk mengukur tingkat kehandalan semua kapal, yaitu:

  • Aspek Operasional :
  1. Commision days
  2. Vessel Speed per call
  3. Pumping rate per discharge activity
  4. Sea Transportation losses per call
  5. Bunker consumption per call
  • Aspek Safety : Evaluasi  Safety rating per semester yang mengacu kepada regulasi Nasional dan Internasional (SIRE)
  • Aspek Biaya  :
  1. Biaya operasional per day
  2. Biaya bunker per day

Bilamana ada kapal yang berstatus merah (biaya tinggi & performance rendah), maka pimpinan fungsi (VP) harus memberikan penjelasan rinci dan membuat action plan termasuk timeline, penunjukkan PIC, serta help needed untuk melaksanakan improvement sampai mencapai status hijau (performance tinggi & biaya efisien). Jika deficiency bersifat sistemik/struktural, maka akan dilakukan koordinasi lintas Direktorat dalam wadah yang sudah ada.

Action plan dimonitor secara ketat oleh Tim Shipping dan bila diperlukan akan melibatkan Tim Port & Network untuk turut memberikan bantuan dari hulu sampai ke hilir. Di wilayah inilah tim Vessel Reliability (lintas fungsi) berperan aktif, diantaranya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan owner kapal charter maupun Armada Milik selaku owner Own Fleet, bahkan jika diperlukan melakukan koordinasi dan sosialisasi lintas Direktorat.

Parameter yang berdampak serius untuk short dan long term yang dapat menyebabkan kekacauan dalam supply chain BBM menjadi prioritas utama untuk dilaksanakan improvement.

Pada tabel berikut dapat dibaca dampak dari tiga parameter kinerja operasional ditambah parameter Safety terhadap kehandalan supply chain BBM dan key lever yang harus di-improve untuk mengoptimalkan hasil.

Keberhasilan transformasi Pertamina adalah bukti nyata dari kerja sama lintas Direktorat, demikian pula harapan keberhasilan transformasi Perkapalan adalah hasil kerja sama dan dukungan lintas Direktorat.

TRANSFORMASI PERTAMINA KITA BISA !!! (edj)

Tinggalkan komentar

Filed under 1. Shipping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s