Shipping, Ports & Network Transformation Celebration

Setelah selama 18 bulan Transformasi Shipping, Ports & Network (SPN) berjalan, pada tanggal 24 Juni 2009 lalu diadakan acara SPN Transformation Celebration di Gedung Pusat Pertamina. Acara ini merupakan syukuran atas kinerja Tim Transformasi bersama McKinsey sampai saat ini. Selain dihadiri oleh Korpel Implementasi Strategi Perkapalan, Bapak Agus Pranoto, Tim Transformasi Shipping, Ports & Network, serta Tim SPN dari McKinsey, acara ini dihadiri pula oleh Bapak A. Faisal (Direktur Pemasaran & Niaga), Bapak Gusrizal (Deputi Direktur Distribusi), Bapak Suhartoko (Deputi Direktur Perkapalan), Bapak Arman Siswandi (Man. S&D Support & Evaluation), dan undangan-undangan lain. Selain bertujuan untuk ucap syukur, kesempatan ini juga dipakai sebagai ajang perpisahan antara Tim Transformasi Perkapalan dengan Tim Perkapalan dari McKinsey. Terhitung mulai tanggal 29 Juni 2009, McKinsey hanya akan men-support Tim Transformasi Pelabuhan dan Jaringan, sedangkan Tim Transformasi Perkapalan akan berjalan sendiri tanpa dukungan dari McKinsey.

Selama 18 bulan Transformasi Perkapalan berjalan, beberapa program telah dilaksanakan. Program-program tersebut antara lain:

1. Joint Management, yaitu kerjasama pengelolaan kapal milik Pertamina dengan OSM
2.Chargeback, yaitu sistem penagihan kembali biaya kapal kepada user untuk meningkatkan akuntabilitas
3.3rd Party Bunker & Cargo Monitoring, yaitu program survey dan monitoring penggunaan BBM bunker kapal dan Cargo yang dilakukan pihak ketiga
4.SOP Chartering, yaitu improvement terhadap SOP Chartering kapal agar dapat lebih menangkap peluang pasar
5.Shipping Operations – mengembangkan tim improvement  kehandalan Operasi Perkapalan

Meskipun sudah terlaksana dengan baik, bukan berarti tugas sudah selesai. Selanjutnya Tim Transformasi Shipping Ports & Network harus bisa mempertahankan keberlangsungan program-program tersebut dan sebisa mungkin mengembangkan dan mendorong percepatan perubahan. Percepatan perubahan tersebut dapat dicapai dengan mengembangkan inisiatif-inisiatif baru yang bertujuan untuk mempercepat proses transformasi dan mengimplementasikannya.

Ke depannya, Tim Transformasi Perkapalan diharapkan bisa meneruskan dan mempertahankan program-program yang telah dilaksanakan, serta fokus pada percepatan cost saving dan security of supply. Pekerja di Tim Transformasi Perkapalan juga diharapkan bisa menjadi pekerja dengan kemampuan tinggi dan terampil di bidang perkapalan, yang nantinya mampu memimpin perusahaan perkapalan kelas dunia yang ramping. (cr)

Tinggalkan komentar

Filed under 1. Shipping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s