Penghargaan Port Time Reduction untuk Kilang Balongan

Balongan –  Pada hari Senin, 22 Juni 2009, Pertamina RU VI Balongan mengadakan Townhall untuk Launching Frontline Motivation. Selain diikuti oleh para pekerja RU VI Balongan beserta jajaran Manajemen RU VI Balongan, turut hadir dalam acara ini tamu dari Pertamina Pusat Jakarta, Bpk. Joko Dwi (OPI Leader Central) dan Bpk. Masril Muis (SVP Refinery Operation). Dalam acara ini diluncurkan slogan yang mengusung keamanan dalam bekerja di RU VI Balongan, yaitu “Safety First and Moving Forward”. Slogan ini dibuat untuk memotivasi pekerja di RU VI Balongan agar lebih memperhatikan dan mengutamakan keselamatan dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

Di samping peluncuran slogan tersebut, agenda lain dalam acara ini adalah pemberian apresiasi atau penghargaan terhadap program-program yang telah dilakukan dalam rangka Optimasi Operasional di RU VI Balongan, di antaranya Port Time Reduction, Minimize Gas H2 Production to Flare, dan Shift Handover. Salah satu program rintisan Tim Transformasi SPN (Shipping, Port, Network) Jakarta yang berhasil mendapatkan penghargaan adalah Port Time Reduction. Penghargaan tersebut diberikan oleh Bpk. Dadik Pribadi (GM RU VI Balongan) kepada Tim Port Time Reduction. Owner dari program Port Time Reduction di RU VI Balongan adalah Bpk. Aris Suparto (Kabid Jasrum), sedangkan Leadernya adalah Kabag-Kabag yang terlibat dalam Port Time Reduction, yaitu Pjs. Kabag Lab, Bpk Eko Mardi, Kabag ITP, Bpk Sudi Kasiyan, Kabag Marine, Bpk Ristam Husen, Pjs. Kabag Supply Chain, Ibu Arutila Miliati, Kabag Akunt. Kilang, Bpk Setiyo Utomo dengan LCA (Local Change Agent) Bpk Moerdjoko (Lab), Agus Salimin (ITP), Muslim Darmawan (Marine), dan Maman Mulawarman (Supply Chain).

Program Port Time Reduction ini mendapat apresiasi yang besar dari Manajemen RU VI Balongan karena berhasil menekan port time dari baseline tahun 2008 sebesar 92 jam menjadi 56 jam pada bulan Mei 2009, sementara target port time RU VI Balongan adalah 74 jam. Penurunan port time ini akan meningkatkan kemampuan operasional kilang karena crude sebagai bahan baku dapat tersedia dengan cepat.

Setelah selama beberapa waktu Tim Transformasi SPN (Shipping, Port, and Network) Jakarta berada di Balongan untuk menjalankan program Port Time Reduction, nantinya akan dilakukan handover program dari Tim Transformasi SPN Jakarta ke pihak RU VI Balongan. Rencananya handover ini akan dilaksanakan pada pertengahan Juli nanti. Selain itu, untuk menjamin keberlangsungan program Port Time Reduction, telah ditunjuk Coach dari pihak OPI yaitu Bapak Kurdi Hermawan sebagai penanggung jawab terhadap keberlangsungan program. (yk/cr)

1 Komentar

Filed under 2. Ports

One response to “Penghargaan Port Time Reduction untuk Kilang Balongan

  1. Salut buat teman di Balongan atas keberhasilannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s